Minggu, 16 Juni 2013

Jembatan Tol Atas Laut Bali 100% Indonesia

http://images.detik.com/content/2013/06/17/4/simpangsusun.jpg
Jakarta - Proyek jembatan tol di atas laut Bali sepanjang 12,7 km diklamim sebagai tol yang indah. Selain itu, keunggulan tol ini pun adalah 100% dibuat oleh orang Indonesia dengan komponen lokal.

Public Relation Office PT Jasa Marga Bali Toll, Drajad H Suseno mengungkapkan, para ahli Indonesia telah memiliki kemampuan untuk membangun jembatan tol semacam itu. Tak hanya dari ahli, kontraktor hingga semua pekerja yang terlibat dalam pembangunan tol ini pun asli orang Indonesia.

"Kalau teknologi secara khusus sebenarnya tidak ada, jadi Indonesia sudah menunjukkan kemampuiannya, untuk membangun megasatruktur yang luar biasa. Jangan lupa ini 100% karya anak bangsa," kata Drajad , akhir pekan lalu.

Tol yang menghubungkan Nusa Dua-Ngurah Rai-Tanjung Benoa ini terbentang sepanjang 12,7 km dengan ditopang sekitar 34.000 tiang pancang. Tiang pancang itupun bukan didtangkan dari luar negeri, melainkan dari beberapa daerah di pulau Jawa, dengan menggunakan truk.

"Tiang pancang didatangkan dari Subang, Pasuruan, Karawang, Purwakarta," lanjutnya.

Total investasi untuk membangun proyek ini mencapai Rp 2,4 triliun. Menurut Drajad, dana tersebut berasal dari dana perusahaan sebesar 30% atau sekitar Rp 745 miliar, serta pinjaman perbankan sebesar 70% atau. Sekitar Rp 1,7 triliun. Sama sekali tidak melibatkan APBN ataupun pinjaman luar negeri.

Kalau Suramadu pembiayaannya itu dari APBN, yang adalnya sebagian dari China, Kalau Bali itu murni kita, pendanaannya dari masyarakat, artinya dari perbankan 70%, sisanya modal sinergi BUMN, tidak menggunakan dana APBN. Ini modalnya adalah konsorsium BUMN itu patungan Rp 745 milyar sebagai modal dasar perseroan. Kemudian yang Rp 1,7 itu pinjaman bank. Komposisi nya seperti itu," paparnya.

"Dari pendanaan saja itu bener-bener dalam negeri, menggunakan dana masyarakat tidak menggunakan APBN, tenaga kerjanya 100% tangan-tangan terampil anak negeri. Material dari Indonesia, teknologi sudah kita kuasai," imbuhnya.

sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...