Recent Posts

Jumat, 14 Juni 2013

Dahlan: Setelah Suramadu, Tol Atas Laut Bali Juga Dilengkapi Jalur Motor


http://images.detik.com/content/2013/06/13/4/153614_112128_simpangsusun.jpg
Jakarta - Jalan tol atas laut pertama Indonesia yang berlokasi di Bali senilai Rp 2,4 triliun akan selesai Juli 2013 nanti. Ini akan jadi tol kedua setelah Suramadu yang dilengkapi oleh jalur khusus sepeda motor.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, jalur khusus sepeda motor sedang dibangun di sisi kiri jalan tersebut, dan sudah hampir jadi. Pagi ini, Dahlan menguji coba jalan tol tersebut.

"Jalur khusus sepeda motor di sayap kiri dan kanan jalan tol itu juga sudah jadi dan sudah pula diaspal. Inilah jalan tol kedua setelah Suramadu yang dilengkapi dengan jalur sepeda motor," ujar Dahlan dalam keterangannya, Kamis (13/6/2013).

Dikatakan Dahlan, semua badan jalan yang dibangun keroyokan oleh konsorsium BUMN ini sudah menyambung semua. Dahlan kaget melihat hampir seluruh jalan tersebut sudah diaspal.

"Pengaspalan itu memang berlangsung simultan sehingga bagian akhir yang baru tersambung itu pun bisa langsung cepat diaspal. Sepanjang perjalanan di tol atas laut itu saya melihat gerbang-gerbang pintu tol sedang dibangun," kata Dahlan.

Tiang-tiang lampu di jalan tol ini juga sedang dikerjakan dan sebentar lagi akan rampung.

Seperti dietahui, susunan kepemilikan proyek tol ini meliputi PT Jasa Marga Tbk sebesar 60%, PT Pelindo III sebesar 20%, PT Angkasa Pura I sebesar 10%, PT Wijaya Karya Tbk (Wika) sebesar 5%, PT Adhi Karya Tbk sebesar 2%, PT Hutama Karya Tbk sebesar 2%, dan PT Pengembangan Pariwisata Bali sebesar 1%.

Sedangkan keikutsertaan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Badung dalam kepemilikan saham sedang dalam proses. Kami berharap skema sinergi BUMN dan Pemerintah Daerah ini dapat dilanjutkan untuk proyek-proyek infrastruktur komersial lainnya, sehingga tidak memberatkan APBN sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Tol atas laut ini rencananya dibuat untuk melayani jalur transportasi pertemuan KTT APEC pada Oktober 2013 nanti.

sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...