Recent Posts

Kamis, 18 Oktober 2012

Dahlan: Bangun Kilang Minyak Triliunan, Mending Beralih ke Listrik


Pertamina akan membangun dua kilang minyak sebesar Rp140 triliun.
Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengendarai mobil listrik (Foto: Istimewa)
JAKARTA, Jaringnews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengungkapkan, daripada membangun kilang minyak yang nilainya mencapai ratusan triliunan, lebih baik beralih ke listrik. Begitu juga dengan mengubah Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Compressed Natural Gas (CNG).
“Kita harus memerangi BBM daripada harus membangun kilang minyak tetapi juga BBM jangan di loss dengan memberikan fasilitas,” kata Dahlan di Kantor Pertamina Pusat saat menghadiri Temu Akbar Engineering BUMN, Rabu (8/8).
Dahlan menjelaskan, sekarang ini Pertamina akan membangun dua kilang minyak sebesar Rp140 triliun. Dengan demikian, lima tahun lagi ada tiga kilang minyak yang akan dibangun Pertamina dengan menghabiskan dana sebesar Rp 200 trilyun.
Untuk itu, Dahlan menyatakan konversi BBM ke Gas harus sukses. Dirinya berharap PLN yang mengkonsumsi BBM sebesar tujuh juta kiloliter (KL) harus diselesaikan.
“Makanya kita harus bangun pabrik solar cell dan menghapus BBM di PLN, kapal pengguna BBM dikonversi ke CNG atau LNG dengan dipelopori PELNI untuk dimodifikasi,” tambah Dahlan.
Dahlan menyatakan, lebih baik mendorong Kereta Api diganti LNG, daripada membangun kilang yang ratusan triliun.
“Untuk itu BBM harus kita tekan, lebih baik kita menggunakan mobil listrik,” kata Dahlan.
(Alb / Ara)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...