Recent Posts

Minggu, 01 September 2013

Mulai Diproduksi 2020, RI akan Buat 50 Jet Tempur Made in Bandung


http://images.detik.com/content/2013/06/14/1036/154335_jettempur320.jpg
Jakarta - Rencananya jet tempur Korea Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX) mulai diproduksi pada 2020. Jet tempur ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Indonesia dan Korea Selatan.

Untuk pengembangan dan produksi jet tempur ini, Kemenhan Indonesia melibatkan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Hasil produksi bersama itu akan dialokasikan ke masing-masing negara, Indonesia kebagian 50 pesawat jet tempur.

Manager Komunikasi PT Dirgantara Indonesia Sonny S. Ibrahim menjelaskan, saat ini pengembangan KFX/IFX akan masuk fase kedua yakni tahapan engineering manufacturing development. Menurutnya, proses yang dimulai tahun 2013 dan berakhir tahun 2020 ini, akan dilakukan di pabrik PTDI di Bandung Jawa Barat.

"Fase kedua, namanya engineering manufacturing development. Mulai detail desain persiapan produksi, pengerjaan prototyping, testing dan sertifikasi. Itu butuh 8 tahun, selesai 2020," ucap Sonny kepada detikFinance, Jumat (14/6/2013).

Saat ini, telah muncul 2 konsep jet tempur IFX versi Indonesia hasil pengembangan tahap I yakni technology development. Nantinya akan dipilih 1 konsep untuk dikembangkan dan diuji coba, hingga siap diproduksi massal. Pesawat ini, hanya dikonsep untuk 1 orang pilot tempur.

Setelah selesai tahap engineering manufacturing development pada tahun 2020, kemudian dilanjutkan fase produksi dan perawatan. Kemenhan Indonesia, akan mengalokasikan 50 unit IFX untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Untuk Indonesia 50 unit," imbuhnya.

sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...