Selasa, 10 Juli 2012

Boeing Business Jet : Pesawat Yang Akan Mendukung Perjalanan Presiden RI


Boeing Business Jet 2: Pesawat Canggih Untuk Presiden RI
Pemerintah sudah sepakat membeli pesawat kepresidenan. Pesawat ini akan bermanfaat mendukung perjalanan presiden RI di masa datang. Pesawat canggih itu adalah Boeing Business Jet bertipe 737-800 BBJ-2. Pesawat canggih asal AS ini memiliki berbagai keunggulan, antara lain berspesifikasi khusus kepresidenan, dapat mendarat di bandara kecil, kapasitasnya 70 orang, dan dapat terbang tanpa henti selama 10 jam.
Boeing Business Jet adalah pesawat hasil kerja sama antara Boeing dan General Electric pada Juli 1996
Boeing Business Jet adalah pesawat hasil kerja sama antara Boeing dan General Electric pada Juli 1996. Kedua perusahaan ini bersama-sama mengembangkan dan memasarkan pesawat tipe 737 yang sengaja dibuat untuk kalangan profesional, korporat, dan kepresidenan. Tipe 737 versi awal adalah 737-700 BBJ. Pesawat ini pertama kali mulai dirakit Boeing pada 11 Agustus 1998, dan diterbangkan pertama kali pada 4 September tahun yang sama.
Boeing Business Jet bertipe 737-800 BBJ-2 dapat terbang tanpa henti selama 10 jam
Kemudian Boeing mengembangkan versi 737-800. Pesawat versi baru ini secara teknis memiliki komponen sayap yang lebih kuat, dengan gigi pendaratan yang lebih besar dan lebih berat. Pesawat generasi baru ini memiliki 3 hingga 10 tangki bahan bakar tambahan. Di bagian interiornya terdapat kokpit untuk dua awak pesawat. Di sana ada enam layar monitor LCDEFIS untuk memonitor jalannya penerbangan, dan dilengkapi dengan dual GPSbuild in, TCAS, GPWS, dan sistem panduan penerbangan Flight Dynamics.
Di bagian interiornya terdapat kokpit untuk dua awak pesawat
Sedangkan di bagian penumpang terdapat rest area untuk kru, lounge, serta private suite yang menyediakan tempat tidur besar. Di bagian ini juga ada fasilitas kamar mandi privat yang dilengkapi shower.
di bagian penumpang terdapat rest area untuk kru, lounge, serta private suite yang menyediakan tempat tidur besar
Di kabin belakang, 24 kursi penumpangnya bisa diubah jadi tempat tidur. Di sini juga ada kamar mandi. Tidak hanya itu, di dalam pesawat ini juga ada ruang khusus untuk konferensi, serta gymnasium yang dapat digunakan jika presiden kita ingin berolahraga. Instalasi tangki bahan bakarnya dikerjakan oleh perusahaan DeCrane di Georgetown, Delaware. Dari sana, barulah interior dan pengecaran eksteriornya dilakukan.
Di bagian dalam Boeing Business Jet 2 juga terdapat ruang khusus untuk konferensi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...