Recent Posts

Rabu, 08 Februari 2012

Habibie Bujuk Para Ilmuwan RI Pulang Kampung


Para ilmuwan diharapkan bisa ikut membangun industri startegis dirgantara Indonesia.


Mantan Presiden Habibie saat bertemu Presiden SBY
Mantan Presiden Habibie saat bertemu Presiden SBY (Antara/ Widodo S Jusuf)
Mantan Presiden BJ Habibie membujuk 48.000 ilmuwan Indonesia, yang saat ini tersebar di mancanegara, agar pulang kampung. Mereka adalah para ahli yang bekerja di industri dirgantara.

Para ilmuwan diharapkan bisa ikut membangun industri startegis dirgantara Indonesia dan mengembalikan kejayaan industri ini.
“Sekarang sudah ada komitmen baik dari pemerintah, kita harus dukung itu dan itu tugas saya sebagai 'eyang' (kakek),” kata Habibie saat berdialog dengan puluhan mahasiswa UGM di Yogyakarta.

Ia menjelaskan, pasca tragedi pesawat MA 60, masyarakat dan pemerintah Indonesia rindu akan kejayaan industri dirgantara pada tahun 1990-an. Namun keinginan tersebut diharapkan jangan sampai masuk ke perangkap untuk berpolemik seperti masa Orde Baru lalu, sehingga industri dirgantara melemah.

Dia menyatakan, industri pesawat terbang dan kapal Indonesia sempat berjaya di masa lalu. Namun tahun 1995 atas keinginan IMF industri yang berhasil memperkerjakan 48 ribu ilmuwan tersebut harus ditutup dengan berbagai alasan.
“Kita dibangkrutkan secara sistematis. Padahal kita sehat, yang memiliki utang itu pihak swasta. Itu siapa? Mereka sendiri yang menanam investasi di sini,” kata Habibie.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...